Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP

Penulis

  • Ahmad Tamir Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Supriadi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Kata Kunci:

Hasil belajar, motivasi, Pendidikan jasmani, sarana prasarana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan motivasi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa SMP Negeri 6 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang bersifat kausal. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Kota Palopo. Populasinya ialah siswa kelas VII dan untuk sampelnya sebanyak 59 siswa yang dalam memperolehnya menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta statistik inferensial yakni regresi linear berganda dan parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh model persamaan regresi yang terbentuk yaitu Ŷ = 0,71 + 0,64 X1 + 0,64 X2. Kemudian diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh sarana prasarana dan moivasi secara bersama sama terhadap hasil belajar siswa pada SMP Negeri 6 Palopo, dimana besarnya pengaruh sarana prasaran dan motivasi belajar secara bersama-sama ialah 19% terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMP Negeri 6 Palopo.

Referensi

Akib, T., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p17

Andi, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Sinjai. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 10–19.

Ardonansyah, M., Hardiyono, B., & Hidayat, A. (2021). Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Masa Pandemi. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739

Cahyadi, P., & Susanti, V. (2022). Optimalisasi Keterampilan Bola Basket Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6124

Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–2733. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091

Fadila, H., Heynoek, F., Kurniawan, R., & Amiq, F. (2022). Survei Motivasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kota Malang. Sport Science and Health, 4(11), 1040–1048. https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p1040-1048

Isyani, I., Permadani, A., & Lubis, M. (2023). Profil Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandalika Education, 9(1), 24–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4766

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Kreasi, 6(2), 34–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Kustria, K., Lanang, G., Parwata, A., & Spyanawati, P. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Jasmani Pada Peserta Didik SMA di Kecamatan Rendang. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Muliadi, M. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2826

Mutmainnah, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 28–35. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Pambudi, Y., Widorotama, A., Fahri, A., & Farkhan, M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1

Pasek, W., Parwata, I., & Semarayasa, I. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46–56. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857

Rima, Y., & Saputri, H. (2022). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(4), 1360–1368. https://doi.org/10.31949/educatio.vxix.xxxx

Romba, S., Aniskamah, I., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 707. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/pior.v1i1.53

Saputro, T., Wibowo, K., Sandy, Y., & I. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMA, MA dan SMK. Sport Science and Health, 2(9), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um062v2i92020p456-463

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31