Peran Pembelajaran Elaborsi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP
Kata Kunci:
Konsep matematis, motivasi belajar, pembelajaran elaborasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran elaborasi terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan pendekatan kuantitatif dengan desai factorial design. Populasinya ialah siswa kelas VII SMP Guppi Samata Gowa dan untuk sampel penelitian kelas VIIa berjumlah 20 siswa sebagai kelas ekspermen dan kelas VIIb berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengunpulan data yang digunakan menggunakan tes dan angket. Kemudian untuk Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan two way anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran elaborasi dan model langsung terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Guppi Samata, kemudian terdapat pengaruh strategi pembelajaran elaborasi terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Guppi Samata.
Referensi
Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Andi, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Sinjai. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 10–19.
Anggraini, D., Revita, R., & Muhandaz, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Elaborasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Matakognisi Siswa SMA. Journal for Research in Mathematics Learning) p, 3(3), 303–310. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10732
Darmini, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Tentang Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas X. Jurnal Revolusi Pendidikan, 4(3), 32–44.
Dharma, S. (2023). Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Literasi Matematika Bernuansa Kearifan Lokal Bugis-Makassar Untuk Siswa SMP. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 18–28. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics
Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–2733. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091
Febriyani, A., & Rahman, H. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087
Kadir, I., & Dharma, S. (2022). The Impact Of Literature Culture On Teacher Professionalism:A Case Study At The Junior High Schools In Makassar City. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 2656–8772. https://doi.org/https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.312
Karo, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Elaborasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Management Od Education, 8(1), 32–42. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.8947
Nababan, L. (2022). Penerapan Model Elaborasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat Di Kelas X. Edumatch Journal, 1(1), 12–20.
Ningsih, R. (2020). Respon dan Tanggapan Siswa terhadap Komponen dan Kegiatan Pembelajaran Matematika Menerapkan Pendekatan Eksplorasi-Elaborasi-Konfirmasi (EEK). Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(1), 34–41. https://doi.org/10.29303/mandalika.v2i1.1509
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
Nurul, H., & Hendra, S. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1826
Puspa, C., Rahayu, D., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmatu, l A., Imamuddin, M., & Rahmat, T. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) p, 5(3), 199–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.19105
Romba, S., Aniskamah, I., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 707. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776
Safitri, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tenologi Pendidikan, 4(1), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2256
Wahyuni, Y., & Netti, S. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. Jurnal Aksioma, 12(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022