Analisis Perbedaan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Interaktif (Kahoot) Pada Materi Ekosistem

Penulis

  • Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Syafaruddin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Kata Kunci:

Media kahoot, pembelajaran biologi, respon siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan interaktif (kahoot) pada materi ekosistem di kelas X Madrasa Aliyah Kanaeng. Jenis penlitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasy eksperimental) yang melibatkan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada Madrasa Aliyah Kanaeng Kabupaten takalar. Populasi dalam penelitian ini ialah kelas X Ipa pada Madrasa Aliyah Kanaeng. Kemudian sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X Ipa 1 dan 35 siswa kelas Ipa 2 yang dalam memperolehnya menggunakan teknik sample random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan respon siswa terhadap penggunaan media interaktif (kahoot) dalam pembelajaran pada materi ekosistem. Olehnya itu pembelajaran biologi dengan materi ekosistem menggunakan media pembelajaran interaktif kahoot memiliki pengaruh terhadap respon siswa dalam pembelajaran biologi.

Referensi

Abdillah, R., Kuncoro, A., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(1), 2809–476. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i1.1363

Akib, T., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p17

Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Edukasi Kahoot Pada Pmebelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 6(1), 46–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569

Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–2733. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091

Hidayat, I., Supriani, A., & Setiawan, A. (2023). Implemantasi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif dengan Siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3924

Mattawang, M., & Syarif, E. (2023). Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Learning and Technology, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843

Mutmainnah, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 28–35. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Nur, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Audio Visual Smart Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajarann, 1(1), 20–27. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Rahmah, N., Hartono, & Nurlinda. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Biologi 1 SMA Negeri 5 Soppeng. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.794

Rahmawati, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Buletin Imiah Pendidikan, 1(1), 55–63. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.236

Rizkasari, E. (2023). Analisis Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7151

Sukma, N., & Yuwana, W. (2021). Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. JPAK, 21(2), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.34150/jpak.v21i2.334

Widya, A., & Zulfah, N. (2021). Analisi Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.70

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31