Hubungan Self control Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Di SMA Negeri 6 Palopo

Penulis

  • Nurapsa Nurapsa Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Kata Kunci:

Prokrastinasi akademik, self control, siswa SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self control dengan prokrastinasi pada siswa SMA Negeri 6 Palopo. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifal kausal. Pelaksanaannya dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Palopo. Populasi dalam penelitian ini ialah

siswa kelas IX SMA Negeri 6 Palopo, dan untuk sampel pada penelitian ini sebanyakan 76 orang berdasarkan rumus slovin yang pengambilan sampelnya mengguakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likeart yang terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas menggunkan rumus product moment dan reliabitas menggunakan alpha cronbach serta teknik analisis data menggunakan korelasi linear sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai korelasi yang diperoleh ialah sebesar 0,36. Olehnya itu dapat dikemukakan bahwa nilai korelasi antara self control dan prokrastinasi pada siswa SMA Negeri 6 Palopo sebesar 0,36. Maka dapat dikemukakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self control dengan prokrastinasi pada siswa SMA Negeri 6 Palopo, hal tersebut terungkap dari nilai signifikan 0,001 < 0,05 berdasarkan analisis yang dilakukan.

Referensi

Akib, T., Syamsudi, A., & Dharma, S. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 2(2), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v12i1.4327

Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569

Gutji, N., & Ayu, S. (2022). Efektivitas Teknik Self Control dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4564

Heiriyah, A., & Tohari, S. (2023). Hubungan Antara Self Control dan Self Esteem Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Suku Banjar. Jurnal Consulenza, 6(2), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i2.2347

Laia, , B, Florina, L., & Theresia, Y. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1654

Mayasari, D., & Suwanto, I. (2021). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Abdi Agape Singkawan. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 46–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1958

Munandar, A., & Asmaryadi, A. (2023). Hubungan Pengendalian Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMAN 1 Sayurmatinggi. Jurnal Ristekdik, 9(2), 365–372. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.365-372

Ndruru, H., Zagoto, F., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 1 Aramo. Jurnal Bimbingan Dan Konsuling, 2(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.371

Putra, A., & Made, I. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456

Putra, S., Razzaq, A., & Fitri, H. (2023). Korelasi Self Control Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa semester Akhir Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(2), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jishs.v1i2.624

Rahmah, S., & Astuti, P. (2020). Kontribusi Self COntrol dan Kecanduan Game Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Konseling, 3(1), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.1.1590

Widyaningsih, S., & Savira, S. (2021). Analisis Relasi Self Control Dengan Prokrastinasi Akdemik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Character , 8(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i1.38675

Widyastari, D., Atrizka, D., Beby, R., & Damanik, D. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(2), 82–91. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31