Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA

Penulis

  • Nurul Indayani UIN Datokrama Palu, Indonesia
  • Muhammad Ahmadi UIN Datokrama Palu, Indonesia

Kata Kunci:

Audio visual, media pembelajaran, , pemahaman konsep

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Hasanah Pengawu Kota Palu, sedangkan sampelnya yakni kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) yang diambil dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hasil tersebut diperoleh dari uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0, 003 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di MTs Nurul Hasanah Kota Palu

Referensi

Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027

Akib, T., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p17

Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569

Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–2733. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75

Lutfy, A., & Aini, N. (2021). Gamifikasi Untuk Pendidikan: Pembelajaran Kimia Yang Menyenangkan di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38486

Mahrush, M. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 44–51. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/experiment.v1i2.12867

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, Velinda, I., & Aeni, A. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Mutmainnah, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pembelajaran dan , 1(1), 28–35. Diambil dari https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Noptario, & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Prinsip Kreatif dan Menarik. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6642

Nur, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Audio Visual Smart Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajarann, 1(1), 20–27. Diambil dari https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Puspa, C., Rahayu, D., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Sari, S., & Suhaili, N. (2020). Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Ensklopedia Of Journal, 2(5), 44–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eoj.v2i5.583

Serungke, M., & Sibue, P. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pembelajaran, 6(4), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22891

Sumianto, T., Susilo, S., & Febriani. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 19–29. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Tanjung, W., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Telaumbanua, U., Ziliwu, D., & Harefa, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.56248/educatum.v1i1.27

Yusmar, F., & Fadilah, R. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik: Hasil PISA dan Faktor Penyebabnya. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31