Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Dengan Strategi Buying Into The Course Pada Siswa SMP
Kata Kunci:
Active Learnig, Buying Into The Course, EfektivitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui active learning dengan strategi buying into the course pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen pada murid kelas VIII SMP Negeri 12 Bulukumba. Desain penelitian yang digunakan adalah the one group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh murid kelas VIII SMP Negeri 12 Bulukumba dengan sampel penelitian adalah murid kelas VIII.A sebanyak 25 orang dengan menerapkan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan active learning menggunakan strategi buying into the course efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 12 Bulukumba. Pendekatan ini tidak hanya efektif secara akademik, tetapi juga mampu membentuk karakter siswa sebagai pembelajar aktif dan meningkatnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran serta mandiri dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era modern
Referensi
Anita, R., Abbas, E., Rahman, A., & Rajiani, R. (2022). Activities atvan Der Pijl Park as Social Studies Learning Resources. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), 2716–2346. https://doi.org/10.20527/kss
Arif, M., Nasir, R., & Ma’arif, M. (2025). The Kitab Kuning Learning Model in the Development of Student Expertise in Pesantren-Based Higher Education. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 52–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v8i1.8
Arlinda, A., Syam, H., & Ekafitri, E. (2025). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 32–43. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Asniar, A., Rusyadi, R., & Dian, A. (2024). Peran Pembelajaran Elaborsi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 24–32.
Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–2733. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091
Doni, F., & Honest, U. (2023). Teacher’s Strategy in Growing Student Creativity through the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.55198
Fattah, M., & Murdani, E. (2022). Learning Strategies of Arabic Teachers at Insan Cendekia State Islamic Senior High School (MAN IC) in Kalimantan. Learning Strategies of Arabic Teachers FENOMENA, 14(2), 35–46. https://doi.org/10.21093/fj.v14i2.9367
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Hafizah, Y., & Hartati, S. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Active Learning Terhadap Perkembangan Sains Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3769
Khoir, A., Hasibuan, A., Nafi’ah, N., Nurazizah, I., Syaharoh, A., & Ramadhani, A. (2024). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning di SMAN 3 Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 381–391. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1903
Li, R., Lund, A., & Nordsteien, A. (2023). The link between flipped and active learning: a scoping review. Teaching in Higher Education, 28(8), 1993–2027. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1943655
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
Pawa, S., Laosinchai, P., Nokkaew, A., & Wongkia, W. (2020). Students’ conception of set theory through a board game and an active-learning unit. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 28(1), 1–15. https://doi.org/10.30722/ijisme.28.01.001
Rahmawati, I., Julaiha, S., & Basith, A. (2021). Implementation Contextual Teaching Learning (Ctl) Model In Fiqh Lessons At Mts Darul Muta’alimin Samarinda. Journal Student Of Education, 9(2), 66–76. https://doi.org/10.21093/sy.v9i2.3556
Ramadhan, wan. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Active Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Mode True Or False di SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Jurnal Kependidikan, 13(1), 89–98. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.58230/27454312.390
Ratnadimarta, F. (2025). Creative English Teaching as a Pathway to Student Empowerment and Language Growth in Primary Classrooms. Journal of Indonesian Society Empowerment, 3(1), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.61105/jise.v3i1.180
Sonnenschein, S., Gursoy, H., & Stites, M. (2022). Elementary School Children’s Home Learning Environments: Mathematics, Reading, Science, and Written Language. Education Sciences, 12(5), 78–89. https://doi.org/10.3390/educsci12050313
Zakiyah, B., Hidayah, P., & Baharun, H. (2023). Self Regulated Learning (SLR) as a Strategy to Build Student Independence. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 3(2), 81–97. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v4i1.832