Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Kata Kunci:
Berpikir Kreatif, Quantum Teaching, Seni BudayaAbstrak
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran seni budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pelaksanaanya dilakukan di SMA Negeri 8 Manado. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Manado dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa pada kelas X.3 dimana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta regresi sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran seni budaya dan diperoleh persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Ŷ = 18,65 + 0,24 X. Hasil penelitian ini memperkuat bahwa model quantum teaching sebagai pendekatan pembelajaran yang menyentuh aspek kognitif, afektif dan lingkungan belajar secara terpadu, serta menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan aspek berpikir kreatif siswa.
Referensi
Aprilianti, F., & Utami, S. (2020). Keterampilan Gerak Tari Kreasi Dengan Pendekatan Quantum Teaching Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(8), 32–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v7i8.27351
Astrini, D., Khotimah, K., & Cholifah, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 665–675. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p665-675
Colletti, L. (2023). An Inclusive Approach to Teaching Quantum Mechanics in Secondary School. Education Sciences, 13(2), 89–99. https://doi.org/10.3390/educsci13020168
Darpindo, W., & Yahya, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Kelas X Berbasis Flipbook di SMA Adabiah 1 Padang. Jurnal Relasi, 1(4), 15–28. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.303
Dharma, S., Ilhamuddin, I., Jaelani, A., & Arriah, F. (2024). Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 218–236. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5126
Eritab, Y., & Yulia, R. (2022). Improving Student Learning Outcomes in Social Studies Learning Using the Quantum Teaching Model in Elementary School. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(8). https://doi.org/10.56778/jdlde.v1i7.47
Harmawan, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP. 5(3), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eoj.v5i3.1792
Hendriyani, M., Rifqiawati, I., & Lestari, D. (2022). Online learning videos to develop creative thinking skills of students. Research and Development in Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.20035
Jupri, R., Zakaria, P., Majid, M., Resmawan, R., & Isa, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 274–281. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16940
Ketut, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 254–262. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Kirana, K., Yanuartuti, S., & Nengah, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tari Tudhung Sesandur untuk Pembelajaran Seni Budaya SMA. Jurnal Seni Tari, 11(2), 201–211. https://doi.org/10.15294/jst.v11i2.58284
Majid, A., Nurlaila, N., & Bauti, V. (2025). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 44–55. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Nahar, S., Suhendri, S., Zailani, Z., & Hardivizon, H. (2022a). Improving Students’ Collaboration Thinking Skill under the Implementation of the Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15(3), 451–464. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325
Naimnule, L., Fatima, H., & Naimnule, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Prestasi dan Minat Belajar Siswa. Journal Of Social Science Research, 4(3), 16737–16745. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12585
Nursalam, M., Eka, F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724
Purwati, S., & Alberida, H. (2022). Profile of Students’ Creative Thinking Skills in High School. Thinking Skills and Creativity Journal, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v5i1.45432
Purwinda, A., & Permatasari, I. (2023). Creative Thinking Skills of Elementary School Students: Is It Still Relatively Low? Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.22515/jenius.v4i1.6552
Putri, A., Prasetyo, Z., Purwastuti, L., Prodjosantoso, A., & Putranta, H. (2023). Effectiveness of STEAM-based blended learning on students’ critical and creative thinking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22506
Sukadana, I. (2022). Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP. Journal of Education Action Research, 6(1), 95. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44594
Sulistyawan, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Smartberbasis Steam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 693–706. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.124
Widiyono, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.52593
Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. (2021). Pengaruh Model Project Base Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 320–330. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330