Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa SMA
Kata Kunci:
Guided Discovery Learning, Hasil Belajar, pembelajaran elaborasiAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini melibatkan 30 siswa pada kelas eksperiman dan 30 siswa pada kelas kontrol sebagai sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta independent sample t test. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol serta nilai sig-p < 0,05. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penerapan guided discovery learning dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi rendahnya hasil belajar PKn.
Referensi
Aisyah, A., & Ramadhan, M. (2023). Peranan Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran PPKN. Jurnal Krakatau, 1(1), 24–33. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
Althibyani, H., & Al-Zahrani, A. (2023). Investigating the Effect of Students’ Knowledge, Beliefs, and Digital Citizenship Skills on the Prevention of Cybercrime. Sustainability (Switzerland), 15(15), 1–13. https://doi.org/10.3390/su151511512
Anditasari, R., Sutrisno, S., Nur’aini, K., & Aristyowati, A. (2023). Actualization of Civic Literacy in the Learning of Citizenship in High School. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 2(1), 7–18. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v2i1.36
Anggraini, P., & Irhasyuarna, Y. (2024). Improving Science Learning Outcomes By Applying The Guided Discovery Learning Model. Indonesian Journal of Science Education and Applied Scince, 4(2), 82–93. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/i.v4i2.13414
Atiyah, U., Miarsyah, M., & Sigit, D. (2020). The Effect of Using E-Learning Based Guided Discovery Learning Model Based on Self-Efficacy Towards Student Learning Outcomes In Biology Class in Reproductive System Subject in High School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 88. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.2732
Ayu, W., Lestari, P., Dewi, N. K., & Nisa, K. (2024). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Dalam Pembelajaran PKn Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.6841
Azis, U., & Ahmad, M. (2022). Analysis of the Effect of Online-Based Interactive Digital Learning Media Word Wall on Pancasila and Citizenship Education Learning Outcomes of Elementary School Students. Jurnal Paedagogy, 9(3), 609–620. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5344
Bambang, N., Ahmad, A., & Rahman, R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Prohresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 22–31. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Candra, M., & Retnawati, H. (2020). A meta-analysis of constructivism learning implementation towards the learning outcomes on civic education lesson. International Journal of Instruction, 13(2), 835–846. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13256a
Dianti, S., Meldiya, P., Sari, L., Yulianti, & Topano, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Menengah, 4(4), 51–62. https://doi.org/ttps://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i4.15786
Eko, P., & Nughoro, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physic Education Journal, 6(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.768
Fauziah, R., & Wandira, K. (2025). Metode Pembelajaran Aktif Dalam PKn SD Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Intelek Insan Jendekia, 2(5), 78–87. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Ilahude, N., Wantu, A., & Lukum, R. (2023). Faktor Penghambat Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Popayato Kabupaten Pohuwato. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 5666.
Juhaidi, A., Hidayati, N., Aseri, A., & Riza, M. (2023). Digital Citizenship of Generation Z in Indonesia: Does Islamic Higher Education Matter? Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(13), 165–177. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i13.6325
Laura, T., & Cinthya, H. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Dengan Implementasi Model Guided Discovery Berbantuan Website Mindmeister. Jurnal Education and Development, 12(3), 7–18. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6034
Nalowati, E. (2023). Penerapan Teknik Talking Chips Dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pada Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(4), 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/secondary.v3i4.2525
Nanggala, A. (2020). Citizenship Education as a Democracy Learning for Students in Higher Education. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 69–79. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2067
Nofiana, M., & Prayitno, A. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 48–57.
Octavia, A., Erika, F., & Nurhadi, M. (2022). Guided Discovery Learning Berbasis Indigenous Knowledge Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 36–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.12038
Prasetiyo, W., Sumardjoko, B., Muhibbin, A., Naidu, N., & Muthali’in, A. (2023). Promoting Digital Citizenship among Student-Teachers: The Role of Project-Based Learning in Improving Appropriate Online Behaviors. Participatory Educational Research, 10(1), 389–407. https://doi.org/10.17275/per.23.21.10.1
Purwitasari, S., Bharata, H., & Coesamin, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(5), 12–22.
Putri, M., Suharto, Y., & Taryana, D. (2022). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan google my maps terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Singosari. Jurnal Integritas Dan Harmoni Ilmu Sosial, 2(6), 534–547. https://doi.org/10.17977/um063v2i62022p534-547
Salaman, I., Wiguna, A., & Oktari, D. (2022). Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar SIswa. Jurnal DIdakti, 8(2), 34–45. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.513
Sari, R., Rosyida, F., Soekamto, H., Komang, A., & Putri, E. (2022). Studi komparasi model guided discovery learning dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 859–870. https://doi.org/10.17977/um063v3i82023p859-870
Suci, A., Aisyah, A., Ramadhan B A Smpn, H., & Kabupaten Tangerang, S. /. (n.d.). Jurnal Krakatau Indonesian Of Multidisciplinary Journals Peranan Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
Suherman, N. (2021). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2), 67–79. https://doi.org/https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2264
Winangun, I., Komang, I., Wiguna, W., & Tristaningrat, A. (2021). Model Guided Discovery Learning. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 355–363. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893
Yuniarti, A., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konveksional dan Media Digital Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Technology, 4(2), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920