Efektivitas Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA

Penulis

  • Hikmal Anandya IAIN Palangkaraya, Indonesia
  • Rahmat Ismail IAIN Palangkaraya, Indonesia
  • Roslin Egayana IAIN Palangkaraya, Indonesia

Kata Kunci:

Media Presentasi Animasi Flash, Pelajaran IPA, Power Point

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasinya ialah siswa kelas VIII sedangkan untuk sampel penelitiannya ialah kelas VIII.5 sebanyak 32 siswa yang dalam memperolehnya digunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal tersebut dapat ditinjau dari hasil N gain skor sebesar 0,89 yang berada pada kategori tinggi, kemudian diperoleh hasil N gain persen sebesar 89 yang menunjukan kategori efektif. Hasil penelitian ini memperkuat argumentasi bahwa penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Referensi

Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42

Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091

Ilham, M., & Desinatalia, R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar Animasi berbasis PowerPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(2), 100–110. https://doi.org/10.31332/atdbwv15i2.5350

Kartikasari, P., Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPA Di Smp Negeri 1 Banjar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6300

Majid, A., Nurlaila, N., & Bauti, V. (2025). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 44–55. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Mandasari, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SD. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328–337. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886

Matovu, H., Ungu, D., Won, M., Tsai, C., Treagust, D., & Mocerino, M. (2023). Immersive virtual reality for science learning: Design, implementation, and evaluation. Studies in Science Education, 59(2), 205–244. https://doi.org/10.1080/03057267.2022.2082680

Membiela, P., Vidal, M., Fragueiro, S., Lorenzo, M., García, I., Aznar, V., & Bugallo, A. (2022). Motivation for science learning as an antecedent of emotions and engagement in preservice elementary teachers. Science Education, 106(1), 119–141. https://doi.org/10.1002/sce.21686

Munar, A. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–166. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Noviyensyy, N., Mailani, I., & Alhairi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Classpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Al Hikmah, 6(2), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v6i2.4256

Ouahi, M., Lamri, D., Hassouni, T., & Al Ibrahmi, E. (2022). Science teachers’ views on the use and effectiveness of interactive simulations in science teaching and learning. International Journal of Instruction, 15(1), 277–292. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15116a

Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H., & Marpaung, A. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779–789. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446

Prayunisa, F., & Marzuki, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru IPA Dalam Pembelajaran IPA di SMP dan SD. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 268–275. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.894

Purnama, H., Wilujeng, I., & Jabar, C. (2023). Blended learning in elementary school science learning: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1408–1418. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.25052

Putra, I., Mujani, I., & Priyanka, I. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 6(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v6i1

Raven, S., & Wenner, J. (2023). Science at the center: Meaningful science learning in a preschool classroom. Journal of Research in Science Teaching, 60(3), 484–514. https://doi.org/10.1002/tea.21807

Robiyanto, A., Sari, A., & Cindarbumi, F. (2024). Development Of Powerpoint-Based Kariro Learning Media On Straight Line Equations. Tesseract: International Journal of Geometry and Applied Mathematics, 2(3), 289–298. https://doi.org/10.57254/tess.v2i3.44

Romba, S., Aniskamah, N., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 712–717. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776

Safitri, L., Pratiwi, W., Hidayah, Y., & Agustina, S. (2024). Development of Interactive Powerpoint-Based English Learning Media for Grade XI Students MAN 1 East Lampung. Bulletin of Science Education, 4(2), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/bse.v4i2.1077

Sakiah, N., & Effendi, K. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Simanjuntak, H., & Manurung, R. (2023). Implementation of PowerPoint Media to Improve Language Learning Outcomes in Grade 5 in the Elementary School. IDEAS Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 11(2), 1354–1361. https://doi.org/10.24256/ideas.v11i2.4262

Simanjuntak, L., Silaban, P., & Sitepu, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Animasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3559–3565. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.604

Wirawan, I., & Gading, I. (2022). Interactive Powerpoint Learning Media on Science Content for Fifth Grade Elementary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 190–198. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.48852

Yolanda, S., Mahardika, I., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189–199. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780

Yulianti, N., Wati, S., & Karim, H. (2023). Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Power Point Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPBarat. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 261–271. https://doi.org/10.59059/perspektif.752

Zainul, M., Setyanto, A., & Kurniawan, M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Materi Berbasis Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint Pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.58794/jekin.v4i3.856

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-20