Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Poster Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Saiful Pical Universitas Pattimura, Indonesia
  • Adrian Watimmena Universitas Pattimura, Indonesia
  • Johan Latuharhary Universitas Pattimura, Indonesia

Kata Kunci:

Menulis Poster, Keefektivan, Model pembelajaran Berbasis Proyek, Siswa sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan menulis poster siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest yang populasinya ialah siswa SD Negeri Oirleli Kabupaten Maluku Barat Daya sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa kelas V dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan, kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan menulis poster siswa sekolah dasar berdasarkan hasil analisis yang menunjukan nilai N gain skor sebesar 0,87 yang berada pada kategori tinggi serta nilai N gain persen sebesar 87,10 yang menunjukan kategori efektif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan bermakna serta secara teoritis memperkaya kajian dalam bidang pendidikan bahasa di jenjang sekolah dasar.

Referensi

Afriani, M., Harjono, H., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235

Ahmad, S., Watrianthos, R., Samala, A., Muskhir, M., & Dogara, G. (2023). Project-based Learning in Vocational Education: A Bibliometric Approach. International Journal of Modern Education and Computer Science, 15(4), 43–56. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2023.04.04

Akib, T., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p17

Anggraini, D., & Rasdawita, R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaraan Menulis Poster Di Kelas VIII SMP 19 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 50–59. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.703

Anindya, K., Malawi, I., & Jatmikawati, M. (2023). Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 666–672. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4509

Ayu, S., Wayan, R., & Nyoman, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824

Ayu, W., Octavia, H., & Satrijono, H. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169–186. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15

Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. (2023). The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement. International Journal of Instruction, 16(2), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a

Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177

Emira, H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Gillam, S., Vaughn, S., Roberts, G., Capin, P., Fall, A., & Fox, C. (2022). Improving Oral and Written Narration and Reading Comprehension of Children at-Risk for Language and Literacy Difficulties: Results of a Randomized Clinical Trial. Journal of Educational Psychology, 115(1), 99–117. https://doi.org/10.1037/edu0000766

Haeril, H., Hambali, H., & Akbar, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Canva dalam Membuat Poster pada Siswa Kelas VIII MTS Yapit Taretta. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 138–150. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.570

Hamidah, N., & Kayati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTS Darul Hikmah Mojokerto. Journal of Educational Language and Literature, 1(1), 34–4. https://doi.org/10.21107/jell.v1i1.19389

Hayati, A., Arum, M., & Haerudin, D. (2023). Media Poster Font Animal Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Aksara Sunda. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 33–43. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.17201

Ilhami, A. (2023). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 66–78. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6564

Jannah, R., Fona, Z., & Khaira, N. (2022). The Use of Poster Media to Enhance Student Learning Outcomes in Descriptive Text Writing. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 2(1), 26–34.

Masbukhin, F., Sandra, S., & Ayu, F. (2023). Project-Based Learning (PjBL) Model in Chemistry Learning: Students’ Perceptions. European Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.1.567

Maulid, M., & Sakti, A. (2021). The Effectiveness of Learning Videos as a Source of Digital Literacy on Poster Learning in Elementary Schools. Indonesian Journal of Multidisciplinary Research, 1, 51–61. https://doi.org/10.17509/xxxx.xxx

Mayar, F., Wandha, F., Ayu, F., & Osa, S. (2023). Project-Based Learning Model Development Using Flipped Classroom for Drawing Learning in College. International Journal on Informatics Visualization, 7(4), 78. https://doi.org/10.30630/joiv.7.4.02227

Nurliza, M. (2024). Word Square Model Used by Poster Media to Improve Primary School Student Learning Outcomes. Journal of Indonesian Primary School, 1(1), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.62945/jips.v1i1.3

Nurmayanti, E., & Hermawan, D. (2021). Penggunaan Media Poster Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanansi. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 14(2), 89–101. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.731

Pobela, F., Rawis, J., & Sumilat, J. (2023). Assessment Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SD. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1174–1183. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4985

Rahmawati, W. (2022). Effectiveness Of Online Film Posters On Students’ Achievement In Writing Descriptive Text. Journal of Languages and Language Teaching, 10(2), 286–296. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.4997

Rohmah, R., Mulyadi, D., & Maftukhah, U. (2025). Upaya Pengembangan Kreativitas dan Kemampuan Literasi Peserta Didik melalui Poster Berbasis Teks Prosedur dengan GBA. JELT: Indonesian Journal of Education, Language, and Technology, 1(1), 34–44.

Sa’diyah, H., Evasufi, L., Fajari, W., Aini, S., & Fajrudin, L. (2023). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 56–66. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71789

Setiarini, Y., & Setyawan, A. (2023). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Literasi Pada Siswa Kelas IV DI SDN Tanjung VI. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 93–103. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.145

Wahyudin, Y. (2023). Application of the Project Based Learning Model to Improve Student Learning Outcomes. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 37–49. https://doi.org/10.61166/bgn.v1i2.37

Widaningsih, S., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. (2023). Development of Educandy-Based Interactive Poster Learning Media in Elementary School for Natural and Social Sciences Lessons. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(2), 327–339. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i2.14981

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-20