Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Pemecahan MasalahAbstrak
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Penelitian ini melibatkan 22 siswa pada kelas eksperiman dan 20 siswa pada kelas kontrol sebagai sampel penelitian dimana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta independent sample t test. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika pada kelas VI SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol serta nilai sig-p < 0,05.
Referensi
Adha, R., & Kirana, D. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84–91. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714
Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Anggi, M., & Arifin, Z. (2024). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Ipa Di Kelas IV Mi Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 71-81.
Annisa, A., & Fatmahanik, U. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.693
Bano, M., Kumala, F., & Rahayunita, C. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Metamorfosis Kelas IV SD. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i1.519
Dharma, S. (2023). Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Literasi Matematika Bernuansa Kearifan Lokal Bugis-Makassar Untuk Siswa SMP. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musamus%20journal%20of%20mathematics%20education.v6i1.5502
Dharma, S., Ilhamuddin, I., Jaelani, A., & Arriah, F. (2024). Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2).27-38 https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5126
Dianartasi, W., & Sthephani, A. (2021). The Influence Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) Approach On Understanding Of Mathematical Concepts. Mathematics Research and Education Journal, 5(1), 28–35.
Efendi, N., & Putri, L. (2022). Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JPDK, 4(6), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10700
Fauziah, A., Rahman, T., & Samsudin, A. (2022). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Metakognitif Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 356–368. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27355
Fauziana, F., & Fazilla, S. (2022). The Impact of Metacognition on Elementary School Students’ Problem-Solving Skills in Science Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 278–286. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.44889
Gonzalez, P., & Ramirez, M. (2022). Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. Sustainability (Switzerland), 14(3), 47–57. https://doi.org/10.3390/su14031493
Indayani, N., & Ahmadi, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 1–8. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Kasman, R., Siregar, E., & Murti, K. (2021). Character Education Learning Using The Contextual Teaching Learning (CTL) Approach for Civics Learning. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(2), 324–331. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.31760
Kurniasih, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. SHES, 3(4), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345
laspita, R., & Rahma, R. (2022). Penerpan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 001 Sawah Baru. Journal on Teacher Education, 3(3), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5962
Magaji, A. (2021). Promoting Problem-Solving Skills among Secondary Science Students through Problem Based Learning. International Journal of Instruction, 14(4), 549–566. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14432a
Mulyaningsih, L., & Adi, W. (2021). Project Based Learning dan Contextual Teaching and Learning Serta Gaya Belajar pada Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edcomtech, 2(1), 54-45. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p110
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372
Septian, D., Farid, I. F., Syaifuddin, S., & Hastuti, S. (2021). Respon dan Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(1), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v4i1.153
Sptiliana, L., & Prastowo. A. (2023). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Konstruktivistik Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mentari, 1(2), 9–19.
Sukontawaree, N., Poonputta, A., & Prasitnok, O. (2022). Development of Problem-Solving Abilities in Science by Inquiry-Based Learning With Cooperative Learning for Grade 4 Students. Journal of Educational Issues, 8(2), 771–782. https://doi.org/10.5296/jei.v8i2.20418
Suparya, I., Wayan, S., & Putu, A. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Vega, A., & Fauziyah, H. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Wulandari, A., & Ferdiansyah, M. (2022). Pengembangan Modul Ipa Muatan Perubahan Energi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 117 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.21