Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar

Penulis

  • Arlinda Arlinda Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Haerul Syam Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Erni Ekafitri Bahar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 26 Makassar sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Adapun tekknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penetian menunjukkan bahwa semua subjek mampu mencapai indikator kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 6 indikator. Dilihat dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar visual (SV), subjek gaya belajar auditori (SA) dan subjek gaya belajar kinestetik (SK) mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis.

Referensi

Abdul, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 12(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v12i1.9891

Adi, F., Ardian. K, & Setya, C. (2024). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Guna Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(4), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.%25p

Amalia, R., Azzah, N., & Hmkah, M. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 67. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276

Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Andini, W., Suprapto, P., & Meylani, V. (2022). On the relationship between critical thinking skills, biology learning outcomes, and their visual learning style. Jurnal Mangifera Edu, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v7i1.137

Andriani. (2024). Gaya Belajar Siswa : Efeknya terhadap Hasil Belajar Matematika (Student Learning Styles: Effects on Mathematics Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 21–33. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.195

Azizah, N. (2024). Analisis Perbedaan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Interaktif Kahoot Pada Materi Ekosistem. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 17–23. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme

Dantas, L., & Cunha, A. (2020). An integrative debate on learning styles and the learning process. Social Sciences and Humanities Open, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100017

Dharma, S. (2023). Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Literasi Matematika Bernuansa Kearifan Lokal Bugis-Makassar Untuk Siswa SMP. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musamus%20journal%20of%20mathematics%20education.v6i1.5502

Izzati, R., & Masriyah, M. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. MATHEdunesa, 13(2), 318–334. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p318-334

Kusumawati, I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Mathematic Education Journal, 5(1), 77. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415

Mahendra, A., Patonah, S., & Sari, A. (2024). Analisis Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi. Jambura Journal of Community Empowerment, 5, 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjce.v5i2.3270

Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049

Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 896–903. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2167

Paramitha, W., Pujiastuti, E., & Noor, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Aplikasi MathCityMap Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13962

Puput, P., & Suratman, D. (2024). Kontribusi Kemampuan Matematis Pada Gaya Belajar V-A-K Siswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 148–162. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.3808

Rahmadani, F., & Manullang, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Journal of Educational Inspiration, 2(4), 46–56. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.994

Ramadhani, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Menggunakan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Ditinjau Dari Gaya Belajar di MIS Elsusi Meldina. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/eduglobal.v3i2.2942

Risky, N., Hartoyo, A., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 89. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189

Sari, R., Sumarmi, S., Astina, I., Utomo, D., & Ridhwan, R. (2021). Increasing Students Critical Thinking Skills and Learning Motivation Using Inquiry Mind Map. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(3), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i03.16515

Sulistyanto, H., Prayitno, H., Sutama, S., Narimo, S., & Sutopo, A. (2023). The Effectiveness of Hybrid Learning-Based Adaptive Media to Empower Student’s Critical Thinking Skills: Is It Really for VARK Learning Style? Asian Journal of University Education, 19(1), 95–107. https://doi.org/10.24191/ajue.v19i1.21219

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–329. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Syahnia, S., Haenilah, E., Perdana, R., & Caswita, C. (2024). Ethnomathematics-based Problem Based Learning (PBL) Model to Increase Students’ Critical Thinking in Mathematics Learning. Lectura : Jurnal Pendidikan, 15(2), 571–581. https://doi.org/10.31849/lectura.v15i2.20985

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28