Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar
Kata Kunci:
Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 26 Makassar sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Adapun tekknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penetian menunjukkan bahwa semua subjek mampu mencapai indikator kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 6 indikator. Dilihat dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar visual (SV), subjek gaya belajar auditori (SA) dan subjek gaya belajar kinestetik (SK) mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis.
Referensi
Abdul, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 12(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v12i1.9891
Adi, F., Ardian. K, & Setya, C. (2024). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Guna Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(4), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.%25p
Amalia, R., Azzah, N., & Hmkah, M. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 67. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276
Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Andini, W., Suprapto, P., & Meylani, V. (2022). On the relationship between critical thinking skills, biology learning outcomes, and their visual learning style. Jurnal Mangifera Edu, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v7i1.137
Andriani. (2024). Gaya Belajar Siswa : Efeknya terhadap Hasil Belajar Matematika (Student Learning Styles: Effects on Mathematics Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 21–33. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.195
Azizah, N. (2024). Analisis Perbedaan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Interaktif Kahoot Pada Materi Ekosistem. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 17–23. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Dantas, L., & Cunha, A. (2020). An integrative debate on learning styles and the learning process. Social Sciences and Humanities Open, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100017
Dharma, S. (2023). Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Literasi Matematika Bernuansa Kearifan Lokal Bugis-Makassar Untuk Siswa SMP. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musamus%20journal%20of%20mathematics%20education.v6i1.5502
Izzati, R., & Masriyah, M. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. MATHEdunesa, 13(2), 318–334. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p318-334
Kusumawati, I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Mathematic Education Journal, 5(1), 77. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Mahendra, A., Patonah, S., & Sari, A. (2024). Analisis Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi. Jambura Journal of Community Empowerment, 5, 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjce.v5i2.3270
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 896–903. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2167
Paramitha, W., Pujiastuti, E., & Noor, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Aplikasi MathCityMap Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13962
Puput, P., & Suratman, D. (2024). Kontribusi Kemampuan Matematis Pada Gaya Belajar V-A-K Siswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 148–162. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.3808
Rahmadani, F., & Manullang, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Journal of Educational Inspiration, 2(4), 46–56. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.994
Ramadhani, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Menggunakan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Ditinjau Dari Gaya Belajar di MIS Elsusi Meldina. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/eduglobal.v3i2.2942
Risky, N., Hartoyo, A., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 89. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189
Sari, R., Sumarmi, S., Astina, I., Utomo, D., & Ridhwan, R. (2021). Increasing Students Critical Thinking Skills and Learning Motivation Using Inquiry Mind Map. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(3), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i03.16515
Sulistyanto, H., Prayitno, H., Sutama, S., Narimo, S., & Sutopo, A. (2023). The Effectiveness of Hybrid Learning-Based Adaptive Media to Empower Student’s Critical Thinking Skills: Is It Really for VARK Learning Style? Asian Journal of University Education, 19(1), 95–107. https://doi.org/10.24191/ajue.v19i1.21219
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–329. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Syahnia, S., Haenilah, E., Perdana, R., & Caswita, C. (2024). Ethnomathematics-based Problem Based Learning (PBL) Model to Increase Students’ Critical Thinking in Mathematics Learning. Lectura : Jurnal Pendidikan, 15(2), 571–581. https://doi.org/10.31849/lectura.v15i2.20985