Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Kata Kunci:
Discovery Learning, Model Pembelajaran, Pelajaran FisikaAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Gowa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasinya ialah siswa kelas X sedangkan untuk sampel penelitiannya ialah kelas X.4 sebanyak 29 siswa yang dalam memperolehnya digunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial yakni paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis data dimana diperoleh nilai n gain skor sebesar 0,91 yang berada pada kategori Tinggi, kemudian diperoleh nilai n gain persen sebesar 91,34 yang menunjukan kategori efektif. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat argumentasi bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA
Referensi
Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343–354. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Akib, T., Syamsuadi, A., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(2), 104–111. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.14068
Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Apriyanti, N., Razak, R., Rahim, S., Shaharom, M., & Baharuldin, Z. (2020). Infographic instructional media as a solution and innovation in physics learning for senior high school students in Indonesia. International Journal of Information and Education Technology, 10(10), 773–783. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.10.1457
Arwaty, A., & Lullulangi, M. (2022). Discovery Learning Model as an Effort to Increase Student Interest and Learning Outcomes. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(1), 54–71. https://doi.org/10.26858/est.v8i1.35217
Dharma, S., Ilhamuddin, I., Jaelani, A., & Arriah, F. (2024). Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2),27-38. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5126
Egista, E., Taufik, M., Zuhdi, M., & Kosim, K. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Materi Getaran Harmonis Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.397
Etikamurni, D., & Istiawati, A. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(2), 89-98. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8904
Karuku, S. (2023). Analysis of the Use of Website-Based Physics Learning Devices to Support Students’ Abilities in Learning Physics in High Schools. Journal Evaluation in Education (JEE), 4(3), 80–91. https://doi.org/10.37251/jee.v4i3.336
Oliviana, M., Ain, N., & Jufriadi, A. (2022). Application Of The Discovery Learning Model To Improve Critical Thinking Ability In Vibration And Wave Materials. Journal of Teaching and Learning Physics, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.15575/jotalp.v7i1.16384
Pangesti, W., & Radia, E. (2021). Metaanalisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313
Ramadhani, D., & Ratnawulan, R. (2022). The Effect of Using Discovery Learning Model in High School Physics Learning: A Meta-Analysis. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 93–106. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i2.6545
Romba, S., Aniskamah, N., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 712–717. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776
Ruhana, B., Ahmad, L., Meiliyadi, D., & Zaini, D. (2023). Pengaruh Model DIscovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi SUhu dan Kalor. Jurnal Riset Inovasi Pendidikan Fisika, 6(1), 46-56. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.10375
Setiya, R., Fitriani, R., Matondang, M., Yolviansyah, F., & Putri, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.256-261
Tamir, A., & Supriadi, S. (2024). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 33–41. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Telaumbanua, D. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Fisika. Educativo Jurnal Pendidikan, 1(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.38
Upu, H. (2022). Development of Discovery Learning Based Science Learning Model Oriented Character Education. Asian Journal of Applied Sciences, 10(1), 2321–2334. https://doi.org/10.24203/ajas.v10i1.6849
Usman, M., Utaya, S., & Kuswandi, D. (2022). The Influence of JIGSAW Learning Model and Discovery Learning on Learning Discipline and Learning Outcomes. Journal Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 166–178. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.17
Yuliati, C., & Susianna, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Aksara, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022