Pemahaman Konsep IPA Ditinjau Dari Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP
Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, Konsep IPA, MotivasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemadirian belajar terhadap pemahan konsep IPA siswa SMP Negeri 26 Kota Pontianak yang pelaksanaanya dilakukan di SMP Negeri 26 Kota Pontianak Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMP Negeri 26 Kota Pontianak dan jumlah sampel sebanyak 125 siswa yang menggunakan teknik simple random sampling dalam memperolehnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuesioner skala likeart dan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni analisis regresi berganda dan parsial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian dan motivasi belajar baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap pemaham konsep IPA pada siswa SMP 26 Kota Pontianak kemudian terungkap pula bahwa besarnya pengaruk kedua variabel tersebut secara bersama-sama sebesar 31%. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara motivasi dan kemandirian belajar dalam mendukung pemahaman konsep IPA siswa, sekaligus memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Referensi
Akib, T., Syamsuadi, A., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(2), 104–111. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.14068
Amir, D., Darmi, S., Salma, A., & Arniati, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching SMP Negeri 1 Malili. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 46–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.566
Andi, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Sinjai. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 10–19.
Anggrawan, A., Syafitri, C., & Satria, C. (2023). Developing Augmented Reality Learning and Measuring Its Effect on Independent Learning Compared to Traditional Learning. TEM Journal, 12(2), 975–987. https://doi.org/10.18421/TEM122-44
Ayu, S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Elistiani, E., Enawaty, E., Lestari, I., Rasmawan, R., & Sartika, R. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Pontianak pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 195–206. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.25494
Hariri, H., Karwan, D., Haenilah, E., Rini, R., & Suparman, U. (2020). Motivation and learning strategies: Student motivation affects student learning strategies. European Journal of Educational Research, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.39
Indayani, N., & Ahmadi, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 1–8. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 89–8. https://doi.org/
Kahfi, M. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Informasi, 7(1).
Kaleka, M., Baluk, A., & Doa, H. (2023). Case Study of Students’ Independent Learning in Online Science Learning. JSER Journal of Science Education Research Journal, 7(1), 67–77. www.journal.uny.ac.id/jser
Mangangantung, J., Wentian, S., & Rorimpandey, W. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15–24. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942
Maulidah, N., & Wulandari, F. (2021). Improving Understanding of Science Concepts Using Science Comics for Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 80–90. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.509
Pattah, D., Madjid, S., & Patandean, A. (2023). Kemandirian Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3888
Rachamatika, T., Syarif, S., Purwanto, A., Wicaksono, J., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Buana Pendidikan, 17(1), 59. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Romba, S., Aniskamah, N., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 712–717. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776
Sa’diyah, M., Nurhayati, I., Endri, E., Supriadi, D., & Afrianto, Y. (2022). The Implementation of Independent Learning Independent Campus: The New Paradigm of Education in Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 12(4), 289–299. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0114
Samosir, B. (2022). Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning Model Learning (Pogil) on Understanding of Science Concepts, Skills Science Process and Student’s Critical Thinking Ability. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(9), 1673–1682. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.09.08
Setyarini, E., Mudiono, A., & Utama, C. (2022). Analisis Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnali Ilmiah Gloabal Education, 3(2), 205–215. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/jige.v3i2.390