Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA
Kata Kunci:
Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Siswa SMAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode survei yang pelaksanaannya di lakukan di SMA Negeri 2 Pasaman. Populasi penelitian ini ialah siswa SMA Negeri 2 Pasaman dan untuk sampel penelitian ini sebanyak 76 orang menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner skala likeart. Kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan statistik regresi sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada SMA Negeri 2 Pasaman. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan model regresi yang terbentuk merupakan model positif dan diperolehnya nilai signifikan 0,00 < 0,05. Salah satu temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa lingkungan fisik sekolah yang memadai seperti ruang kelas yang nyaman, fasilitas belajar yang lengkap dan area bermain yang aman secara langsung meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya lingkungan sekolah yang kondusif dalam membangun motivasi belajar siswa.
Referensi
Akbar, A. (2023). Correlation Study of Student Learning Motivation in Civics Subjects in High School. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 4(2), 48–52. https://doi.org/10.37251/jske.v4i2.428
Akhmad, F., & Nina, I. (2022). The Effect of Learning Interest and School Environment on Student Learning Outcomes. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 4(2), 172–181. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ajme.v4i2.33633
Akib, T., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p17
Chun, T., & Abdullah, M. (2022). Contemporary Practices in Teaching 21st Century Skills at Malaysian Primary Schools: Do Environmental Factors and Teacher’s Attitudes Matter? Asia Pacific Journal of Educators and Education, 37(1), 61–85. https://doi.org/10.21315/apjee2022.37.1.4
Dharma, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa. Jurnal Epistema, 5(1), 2723–8199. https://doi.org/10.21831/ep.v5i1.66091
Dharma, S., Ilhamuddin, I., Jaelani, A., & Arriah, F. (2024). Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5126
Hariyanto, H., Supriyadi, S., Putri, N., & Astuti, N. (2024). Hubungan Intensitas Belajar dan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 225–234. https://doi.org/10.54082/jupin.288
Ikrom, B., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tingkat Madrasah Aliyah. MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 48–60. https://doi.org/10.61683/jome.v2i2.146
Jannah, D., Hidayat, M., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1350
Kurniawan, F., Erita, Y., Syahrir, D., Qhairum, V., & Utami, N. (2022). The Influence of Students’ Environment on Students’ Learning Motivation. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(8), 89–100. https://doi.org/10.56778/jdlde.v1i7.58
Melati, E., Dara, F., Putu, I., & Ninasari, A. (2022). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Motto, C. (2021). School Environmental Factors Influencing Female Pupils Academic Performance in Public Primary Schools in Iringa Municipality. Asian Journal of Education and Social Studies, 9, 40–52. https://doi.org/10.9734/ajess/2021/v23i130546
Nurhasanah, A., Pribadi, R., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–78. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6618
Riyadi, A., & Sudiyatno, S. (2023). The impact of online learning on students learning motivation. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.46568
Sari, N., Eka, W., Hafizah, T., & Selviani, R. (2024). Pengaruh Intensitas Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 6(2), 78–89. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/ijim.v2i1.82
Simanjuntak, H., Darlin, P., & Chetrin, S. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasilbelajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 628–633. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24752
Stella, Y., Binar, S., Purwanto, A., & Octavianus, J. (2023). Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Student Learning Motivation. Journal Didaskalia, 6(1), 23–29. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v6i1.298
Syachtiyani, W., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Tamir, A., & Supriadi, S. (2024). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP. Progresivsisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 33–41. https://jurnal.usy.ac.id/index.php/progresivisme