Pengaruh Penggunaan Media Kolase Biji-bijian Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK At-Tauhid Kabupaten Sidrap

Penulis

  • Risqiah Salsabila Maharani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Media kolase, motorik halus, anak usia dini

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia dini di TK At-Tauhid sebelum dan setelah melakukan kegiatan kolase biji-bijian dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kegiatan kolase biji-bijian terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini kelompok B TK At-Tauhid. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang terdapat pada TK At-Tauhid dan untuk sampel penelitian ialah kelompok B pada TK At-Tauhid sebanyak 12 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan simple rondom sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan statistic Wilcoxon.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan motorik halus anak sebelum melakukan kegiatan kolase biji-bijian di TK At-Tauhid Kab.Sidrap diperoleh nilai terendah sebesar 12, nilai tertinggi sebesar 17 dan nilai rata-rata 14,1. (2) Perkembangan motorik halus anak setelah melakukan kegiatan kolase bijibijian di TK At-Tauhid Kab.Sidrap mengalami peningkatan dengan nilai terendah sebesar 29, nilai tertinggi sebesar 33 dan nilai rata-rata 30,8. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah melakukan kegiatan kolase biji-bijian maka terdapat pengaruh positif terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK At-Tauhid Kab.Sidrap. Pengaruh ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan antara nilai pretest yaitu 14,1 dan nilai posttest sebesar 30,8 serta dengan melakukan uji signifikansi menggunakan rumus tes ranking-bertanda Willcoxon, diperoleh hasil uji hipotesis p (0,002) ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima

Referensi

Akollo, J., Tarumasely, Y., & Surur, M. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 358–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3748

Hengki, Y. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Irfan, Z. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Media Kolase Pada Anak Kelompok A di PAUD Matahari Goak Daye Desa Aik Bukaq. Jurnal Realita, 8(1). https://doi.org/Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Jannah, M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Masyitoh, R., & Efendi, I. (2020). Penerapan Kegiatan Kolase Dengan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Keompok B RA Islamiyah. GoldenChildhood Education Journal, 3(1), 67–77.

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Child Education In The Family As An Early Childhood Education Strategy During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/108806

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022

Sandra A, & Gina, F. (2022). Bermain origami untuk melatih keterampilan motorik halus anak usia dini. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 46–50. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21501

Sudiarni, B., & Gunawan, I. (2021). Analisis Pengaruh Media Bahan Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Hikmah. Jurnal Paedagogy, 8(4), 594. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.3409

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sulfiati, S., Inayah, N., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 707–717. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776

Taib, B., Arfa, U., & Hasbin, H. (2021). Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 46–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2168

Tanto, O., & Sufyana, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575–584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yunmahlizar, & Rahma. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting Di TK Al Musdar. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-22