Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene
Kata Kunci:
Hasil belajar biologi, Kecerdasan visual-spasial, peserta didikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene, 2) gambaran hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi di Kelas XI IPA MAN 1 Majene, 3) pegaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas tersebut adalah kecerdasan visual-spasial sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar biologi. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Kelas XI IPA MAN 1 Majene yang berjumlah 109 orang. Sementara sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling 50% dari total populasi sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 55 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kecerdasan visual-spasial dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) gambaran kecerdasan visual-spasial peserta didik berada pada kategori sedang, 2) gambaran hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang, 3) terdapat berpengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar biologi pada peserta didik Kelas XI IPA MAN 1 Majene dengan sumbangsih sebesar 33,4%
Referensi
Arif, J., Maulana, A., Jamil, M., & Kunci, K. (2023). Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Man 1 Kota Malang. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 8(2), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i2.11624
Chalim, A., Muslim, S., & Hudiarini, S. (2023). Desain Pengelolaan Kurikulum Pesantren dan Perguruan Tinggi Berbasis Kecerdasan Intelektual dan Jecerdasan Spiritual. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(1), 549–557. https://doi.org/10.18860/abj.v5i1.9527
Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569
Gempur, A., & Prastiwi, L. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), 99–108. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9016
Harmonis, M., Syafri, F., Widat, F., Rumlystiowati, R., & Agustin, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070
Hidayat, S. (2020). Kiat Pengembangan Kecerdasan Intelektual Anak Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 1271–1280. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.250
Kadir, I., & Dharma, S. (2022). The Impact Of Literature Culture On Teacher Professionalism:A Case Study At The Junior High Schools In Makassar City. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 2656–8772. https://doi.org/https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.312
Khairudin, Wiguna, S., & Julia, A. (2022). Upaya Peningkatan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Siswa Kelas VII MTS Al Amanah Babalan. Jurnal Invention, 3(1), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v3i1.525
Lestari, I., & Andinny, Y. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 297–304. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4070
Nurmala, Z., Suryanti, & Arifin, Z. (2023). Pengembangan Media Science Comic Untuk Melatih Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Jurnal Pendas, 8(1), 6369–6378. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9016
Putriana, D., Sit, M., & Basri, M. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Bermain Maze. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.10013
Rahmawati, S., Mulyatna, F., & Gusniwati, W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Dan Self Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Cartesian, 2(1), 67–76. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri. Journal of Primary Education, 1(2), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486
Sulfiati, S., Inayah, N., & Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Media Guru Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Anak Pada TK Aisyiyah Kota Makassar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 707–717. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776
Susanto, W., & Swandari, T. (2021). Manajemen Kepesertaan Didikan Dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual dan Emosional Peserta Didik. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 191–200. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i2.302