Pengaruh Penggunaan Aplikasi Audio Visual Smart Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Inpres Bontorita Kabupaten Takalar

Penulis

  • Hardianti Nur Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Aplikasi audio visual, hasil belajar, smart edu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi audio visual smart edu terhadap Hasil Belajar Murid Kelas IV SDN Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di IV SD Inpres Bontorita. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas IV SD Inpres Bontorita sebanyak 2 kelas, kemudian sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa dari kelas IV.b. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan tes non objektif. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yakni paired sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi audio visual smart edu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan terbukti efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai rerata peserta didik yang mengalami peningkatan setelah penggunaan aplikasi audio visual smart edu, kemudian berdasarkan pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan aplikasi audio visual smart edu berpengaruh terhadap hasil belajar IPA konsep kenampakan bumi pada murid kelas IV SDN Inpres Bontorita Kabupaten Takalar.

Referensi

Akib, T., Syamsudi, A., & Dharma, S. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 2(2), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v12i1.4327

Ariyanti, R., Rosalina, E., & Satria, T. G. (2021). Pengembangan Media Smart Board Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III SD. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 88–94. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1147

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan Media Smart Powerpoint berbasis Animasi dalam Pembelajaran Fisika. Navigation Physics, 1(1), 12–17. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.191

Dalimunthe, R., & Harahap, R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75

Huda, Y., & Faiza, D. (2019). Desain Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasisi Smart Classroom Menggunakan Layanan Live Video Webcasting. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(1), 67–78.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru Mts Massaratul Mut’allimin Banten. Jurnal Transformasi, 16(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kadir, I., & Dharma, S. (2022). The Impact Of Literature Culture On Teacher Professionalism:A Case Study At The Junior High Schools In Makassar City. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 2656–8772. https://doi.org/https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.312

Ketut, S., & Ayu, T. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Lubis, T., & Utara, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2), 22–31. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Putra, A., & Made, I. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456

Sanjani, M. (2020). Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Seruni Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri. Journal of Primary Education, 1(2), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486

Sumartiwi, N., & Ujianti, P. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626

Yallah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK N 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3046

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-22