Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Sinjai
Kata Kunci:
Kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMA Di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat kausal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMA di kabupaten Sinjai yang berjumlah 620 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel sebanyak 180 guru. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru dan variabel terikat yaitu kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang uji validitas isinya menggunakan model pengujian gregory dan uji validitas konstruk menggunakan pearson product moment serta pengujian reabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru dan kinerja guru di SMA Ngeri Kabupaten Sinjai berada pada kategori sangat tinggi. Kemudian terungkap bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru yang signifikan secara bersama-sama maupun parsial terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Sinjai.
Referensi
Alhabsyi, F., Pettalongi, S., Wandi, W., & Islam, M. P. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(2), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898
Alkadri, A., & Hanif, M. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–468. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Gowa. Manajemen Pendidikan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.17569
Elvi, J., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21
Fachrur, R., Prihatin, T., & Suminar, T. (2020). Faktor Determinan Kinerja Guru. Education Management, 5(1), 42–52. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman
Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 2(3), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.66
Hafsah, M., & Fatonah, F. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD Uniga, 1(1), 24–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.1561
Indriawati, P., Maulida, N., Nursita, D., & Haditiya, p. (2022). Kinerja Guru Dalam Mutu Pendidikan DI SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795
Kadir, I., & Dharma, S. (2022). The Impact Of Literature Culture On Teacher Professionalism:A Case Study At The Junior High Schools In Makassar City. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 2656–8772. https://doi.org/https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.312
Nahdlatul, U., & Giri, U. S. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. Zahra: Research And Tought Elementary School Of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/ttps://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Putra, A., & Made, I. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri. Journal of Primary Education, 1(2), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486
Tanjung, R., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Kata kunci. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Widya, U., & Klaten, D. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Journal Of Elementary Education, 4(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Yolianingsih, A., & Soebandi, M. (2017). Kinerja mengajar guru sebagai faktor determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Perkantoran, 2(2), 157–165. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000