Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa
Kata Kunci:
Pemecahan masalah matematis, model pembelajaran, problem based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest, yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan dengan adanya tes awal, perlakuan, dan tes akhir dan tanpa adanya kelas pembanding. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 (enam) kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dengan total 34 siswa menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model problem based learning dikategorikan meningkat dan tuntas secara klasikal berdasarkan hasil penelitian ini, siswa telah memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran matematika, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika efektif diterapkan melalui penerapan model problem based learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Gowa.
Referensi
Afsari, S., Harahap, S., & Munthe, L. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesia Journal Of Inttelectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Haqiqi, A., & Syarifa, S. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
Khotimah, S., & As’ad, M. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIPP, 4(3), 491–500. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28568
Mayasari, A., Arifudin, A., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal Of Education and Learning Mathematics Research, 1(1), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Purba, G., & Rohana, A. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied , 4(1), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Masalah Matematis Di Tinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal Of Information Systems And Management, 3(1), 76–88. https://jisma.org
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.
Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.154
Sahira, L. (2023). Analisis Bibliometrik: Fokus Penelitian Problem Based Learnig Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 120–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.3560
Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80–87.
Tarigan, E., Simarmata, E., & Abi, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294–2304. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1192
Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 54–64. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.684